Electric Scooters for Adults Gilbert Arizona

Electric Scooters for Adults Gilbert Arizona

B. Arab dalil qur'an tentang amal sholeh 3​

dalil qur'an tentang amal sholeh 3​

SOAL/PERTANYAAN:

DALIL QUR'AN TENTANG AMAL SHOLEH.

Jawaban:

1.QS AL BAQARAH:25

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: “Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu“. Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.

2.)QS AL BAQARAH:62

Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

3.)QS AL BAQARAH:82

Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga; mereka kekal di dalamnya.

4.)QS AN NISA:85

Barangsiapa yang memberikan syafa´at yang baik, niscaya ia akan memperoleh bahagian (pahala) dari padanya. Dan barangsiapa memberi syafa´at yang buruk, niscaya ia akan memikul bahagian (dosa) dari padanya. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

5.)QS AN NISA:114

Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma´ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar.

6.)QS AN NISA:175

Adapun orang-orang yang beriman kepada Allah dan berpegang teguh kepada (agama)-Nya niscaya Allah akan memasukkan mereka ke dalam rahmat yang besar dari-Nya (surga) dan limpahan karunia-Nya. Dan menunjuki mereka kepada jalan yang lurus (untuk sampai) kepada-Nya.

Penjelasan:

amal saleh adalah perbuatan yang sungguh-sungguh dalam menjalankan Ibadah atau menunaikan kewajiban agama. Di dalam amal saleh terdapat amal ibadah dan amal jariyah yang meliputi habluminallah dan habluminannas.

Amal ibadah adalah perbuatan yang merupakan pengabdian kepada Allah SWT yang merupakan hubungan manusia dengan Allah. Hubungan inilah yang disebut dengan istilah habluminallah.

Sedangkan, amal jariyah merupakan perbuatan baik untuk kepentingan masyarakat (umum) yang dilakukan tanpa pamrih. Hubungan yang disebut dengan habluminannas ini merupakan hubungan sesama manusia atau sesama makhluk Allah SWT.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, iman dan amal saleh adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Jika salah salah satu dari keduanya tidak ada, maka kesempurnaan dari salah satunya akan berkurang. Iman tanpa amal itu hampa sedangkan amal tanpa iman itu percuma.

Karena itulah, beriman bukan hanya berhenti pada kepercayaan atau keyakinan dalam hati saja, tetapi juga harus dibuktikan dengan melakukan amal saleh. Baik menunjukkan kesetiaan kepada Allah dengan beribadah maupun memberi kebaikan kepada sesama manusia lainnya.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

#MAAF KALAU  SALAH

#SEMOGA BERMANFAAT/MEMBANTU

#TERIMAKASIH :) :) :)

[answer.2.content]